Gunadarma University

Sabtu, 26 Desember 2015

PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP DUNIA BISNIS

DAMPAK NEGATIF PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP DUNIA BISNIS DAN LAPANGAN PEKERJAAN

G
lobalisasi diambil dari kata global yang artinya universal. Pengertian globalisasi bisa jadi sangat luas cakupannya tergantung bagaimana sudut pandang dari orang mengartikannya itu sendiri. Ada yang berpendapat bahwa globalisasi merupakan proses sosial, proses sejarah, proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara dalam ikatan yang semakin kuat untuk mewujudkan sebuah tatanan kehidupan baru. Namun, ada juga yang beranggapan bahwa globalisasi dipandang hanya evolusi dari kapitalisme dimana Negara-negara kaya akan mengontrol perekonomian dunia sedangkan Negara-negara kecil atau yang sering disebut negara ketiga hanya dieksploitasi dan semakin terbenam karena tidak mempunyai daya saing.
Jika karyawan hanya di anggap sebagai factor produksi, maka manusia hanya di anggap sebagai mein, robot yang harus selalu dpat menghasilnkan produksi yang baik. Namun, upah tenaga kerja akan di tekan serendah mungkin untuk meminimalisir pengeluaran perusahaan yang berdampak pada keuntungan perusahaan yang semkin besar.
Factor humanisme akan dikesampingkan. Bahkan mereka melupakan perasaan yang di alami oleh para tenaga kerja tersebut. Mereka melupakan hal yang sangat penting dimana rasa aman dan nyaman yang dirasakan oleh para tenaga kerja sangat berpengaruh oleh hasil produksi yang di hasilkan oleh karyawan tersebut. Jika tenaga kerja merasa nyaman dan di hargai maka hasil yang didapat pun akan baik. Sebaliknya, jika tenaga kerja tersebut merasa terdesak, terkekang, dan tertekan maka hasil yang di dapat pun akan buruk bahkan sangat buruk. Oleh sebab itu, perasaan tenaga kerja sangatlah penting dan sangat berpengaruh pada hasil yang akan di dapat.
Seiring perkembangan jaman dan perkembangan ilmu pengetahuan di dunia, karyawan yang disebut sebagai penghasil barang pun akan tergeserkan oleh teknologi. Perusahaan akan menggeser kedudukan mereka dengan mesin mesin canggih yang dapat menghasilkan barang produksi yang jauh lebih banyak dengan skala waktu yang relatif sebentar dengan kualitas yang baik pula. Pilihan inilah yang akan menjadikan tenaga kerja pabrik akan kehilangan pekerjaannya karna apa yang selama ini dikerjakan akan digantikan oleh mesin mesin canggih yang diciptakan oleh para ilmuan.
Perusahaan akan lebih memilih membeli mesin tersebut dengan harga selangit di bandingkan tetap menggunakan tenaga manusia. Karna jika di bandingkan dengan prospek ke depannya, produksi menggunakan mesin akan lebih cepat mendapatkan keuntungan yang kemudian dapat dengan cepat pula mengembalikan biaya yang di keluarkan oleh perusahaan umtuk mendapatkan mesin tersebut.
Pemilik modal akan meminta berbagai macam fasilitas seperti pengurangan pajak, pasokan tenaga kerja murah dan tentu juga kesediaan sumber daya alam dan demi investasi Negara berkembang akan mengamini semua permintaan kapitalis akibatnya persis seperti yang terjadi di papua dengan Freeport. Setiap hari Freeport menghasilkan 225.000 ton bijih emas, bahkan reuters pernah melansir 4 bos besar Freeport menerima tidak kurang dari       Rp 126,3 miliar per bulan atau Rp 1,5 triliun per tahun. Bandingkan dengan APBD yang Cuma ditargetkan Rp 5,28 triliun. Apa yang diperoleh oleh papua dari kapitalis Freeport? Kemiskinan, kerusakan hutan dan AIDS. Maka wajar jika kemudia globalisasi sebagai bentuk paling mutakhir dari kapitalisme dianggap mengakibatkan dampak negative yang luar biasa.

PELUANG USAHA DARI GLOBALISASI TERHADAP DUNIA BISNIS

G
lobalisasi akan memberikan ruang dan pasar serta peluang usaha yang semakin luas dengan konsep bordlesss maka kesempatan mengambangkan usaha akan semakin terbuka lebar. Dengan adanya globalisasi ini peluang usaha dapat terbuka dengan lebar karena jaan unuk mempromosikan produk dan jasa dapat dengan mudah tersebar keseluruh penjuru Indonesia bahkan dunia. Dengan ilmu teknologi yang berkembang begitu pesat, mudahnya komunikasi dan akses untuk dapat mendapatkan pangsa pasar yang sangat luas.
Globalisasi sangat berpengaruh positif bagi perkembangan peluang usaha di dunia. Dalam hal ini perdagangan internasional. Banyak produsen luar negri yang dapat memasarkan hasil produksi mereka ke dalam negri. Hasilnya pun cukup memuaskan. Banyak produk luar negri yang berhasil menguasai pasar di Indonesia. Dengan adanya impor barang dari luar negri, kita bisa mendapatkan bahan  baku, teknologi modern, dan barang dan jasa yang tidak bisa di hasilkan di dalam negri.
Seperti halnya Indonesia yang tidak dapat menghasilkan gandum dan Amerika serikat tidak bisa menghasilkn kelapa sawit. Perdagangan antar negara memunkinkan Indonesia untuk memperoleh gandum dan Amerika memperoleh minyak kelapa sawit. Perdagangan internasional ini memungkinkan suatu negara dapat mendatangkan barang-barang yang belum dapat dihasilkan di dalam negara tersebut. Misalnya Indonesia belum mampu memproduksi mesin-mesin berat. Oleh karena itu, Indonesia melakukan perdagangan dengan Amerika, Jepang, Cina dan Korea Selatan dalam mengadakan alat-alat tersebut.
Tidak hanya Negara lain yang dapat mengirim barang-barang ke dalam negri. Indonesia pun memiliki komoditas ekspor yang dapat menambah pendapatan Negara berupa devisa. Semakin banyak ekspor yang di lakukan semakin besar devisa yang di dapatkan oleh Negara. Indonesia memiliki barang barang yang dapat di ekspor berupa minyak bumi migas dan nonmigas. Barang-barang migas antara lain minyak tanah, bensin, solar, dan elpiji. Adapun barang barang yang termasuk nonmigas adalah hasil pertanian seperti karet, kopi, dan kopra; hasil laut terutama ikan dan kerang; hasil industry seperti kayu lapis, konfeksi, minyak kelapa sawit, meubel, bahan bahan kimia, pupuk, dan kertas; hasil tambang nonmigas seperti bijih nikel, bijih tembaga, dan batubara.
Dengan adanya perdagangan internasional, Negara dapat saling memenuhi kebutuhan negaranya yang tidak dapat di penuhi oleh Negara

GLOBALISASI MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN BISNIS INTERNASIONAL

D
apat dikatakan bahwa globalisasi dan bisnis internasional merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dan memiliki keterkaitan yang luas. Globalisasi membawa kegiatan bisnis internasional menjadi semakin berkembang dengan hilangnya jarak dan waktu. Jarak sejauh apapun dapat di tempuh dengan waktu yang sangat singkat. Tempat sejauh apapun pula dapat dipantau dengan sangat mudah. Sedangkan bisnis internasional sendiri menjadi semakin trbantu dengan adanya globalisasi ini. Semua urusan perusahaan dapat di atasi dengan mudah dan cepat. Bisnis internasional semakin mudah dilakukan di era globalisasi ini. Adanya pola perdagangan bebas  menjadi salah satu aspek yang memudahkan kegiatan bisnis internasional.
Kecanggihan teknologi yang menjadi salah satu faktor pembentuk globalisasi turut mempengaruhi efektivitas kegiatan bisnis internasional. Seperti adanya pemasaran bisnis yang dilakukan melalui internet atau embayaran yang menjadi semakin mudah melalui jaringan bank internsional. Kemudian, globalisasi juga membawa kegiatan bisnis tidak hanya di jalankan oleh perusahaan-perusahaan besar. Melainkan juga mampu melibatkan perusahaan-perusahaan menengah dan kecil. Hal ini menandakan bahwa globalisasi telah membawa pengaruh yang besar terhadap aktivitas bisnis internasional.
Dengan kemudahan tersebut bisnis pun akan dapat berkembang dengan sangat pesat. Akan memperbesar keuntungan yang didapat. Bahkan tidak menutup kemungkinan perusahan tersebut dapat dengan mudah memperluas bisnis mereka yang kemudia dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Semakin banyak permintan parang di pasar maka emakin banyak pula barang yg harus diproduksi untuk memenuhi permintaan pasar tersebut.
Bukan hanya perusahaan manufaktur atau perusahaan dagang, perusahaan jasa pun memiliki peluang yang sama untuk dapat mengembangkan sayap perusahaannya. Contohnya perusahaan jasa penyewa kapal laut. Perusahaan membutuhkan transportasi untuk dapat mengirim permintaan barang lintas Negara, salah satunya adalah dengan menggunakan kapal laut. Semakin banyak perusahaan barang menerima permintaan barang, semakin banyak juga perusahaan tersebut membutuhkan kendaraan, dalam hal ini kapal laut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar